Minggu, 27 Januari 2013

Latihan hukum Gay Llussac danAvogadro


HUKUM GAY LUSSAC berbunyi :

"Pada kondisi suhu dan tekanan yang sama, perbandingan volume gas-gas pereaksi dan gas-gas hasil reaksi merupakan bilangan bulat dan sederhana".  

Pengertian tersebut menyimpulkan bagi persamaan reaksi yang telah setara bahwa :

Perbandingan koefisien gas - gas dalam persamaan reaksi sama dengan perbandingan volumenya.

Hipotesis avogadro mengatakan
"Pada kondisi suhu dan tekanan yang sama, gas-gas yang berbeda tetapi mempunyai volume yang sama akan mengandung jumlah partikel yang sama".

Semua zat apabila mengadung jumlah partikel yang sama ( X ) artinya zat - zat  tersebut memiliki jumlah mol yang sama ( masih ingat penjelasan konsep mol di awal, bukan ! ). 
karena pada penjelasan hukum Gay Lussac mengatakan bahwa volume gas - gas yang sama (P,T) yang sama merupakan perbandingan koefisien sehingga menurut Avogadro jumlah partikel pada suatu reaksi akan merupakan perbandingan koefisien pada (P,T) tersebut. 

Hipotesis Avogadro akhirnya dapat menjelaskan hukum Gay Lussac dan menentukan rumus berbagai senyawa

Berikut latihan dua hukum dasar kimia yaitu hukum Gay Llussac dan Avogadro, semoga membantu menjadi lebih paham. Silahkan dicoba mulai dari yang mudah


HUKUM DASAR KIMIA

HUKUM GAY LUSSAC  DAN AVOGADRO


Jawab pertanyaan berikut dengan tepat

1.    Gas NH3 apabila terurai menghasilkan N2 dan H2 sesuai persamaan 
2NH3(g) → N2(g)  +  3H2(g).
Tentukan volume campuran gas dari penguraian sempurna
2.    Senyawa gas oksida nitrogen dapat terurai menjadi gas N2 dan O2 (T,P). Apabila dari 10 L oksida nitrogen tersebut menghasilkan 35 L campuran N2 dan O2, tentukan rumus oksida nitrogen yang sesuai
3.    Diketahui reaksi pembentukan oksida nitrogen sebagai berikut :
2 N2(g)  +  O2 (g) → 2 N2O(g)
Apabila direaksikan 6 L gas N2 dan dan 10 L gas O2  , tentukan gas yang tersisa !
4.    Tabel berikut merupakan reaksi gas Cl2 dengan gas O2
Volume Cl2
Volume O2
Sisa Cl2
Sisa O2
5 L
10 L
1 L
5 L
14 L
1,5 L
6 L
12 L
1,2 L

Tentukan rumus oksida klor yang terbentuk dari reaksi diatas !
5.    Gas metana terbakar sempurna di udara menurut persamaan berikut :
CH4(g)  +  O2 (g) → CO2 (g)  +  H2O(g)
Jika 20 Liter gas metana di bakar, berapa volume gas oksigen yang diperlukan, gas CO2 dan Uap air yang dihasilkan diukur pada suhu dan tekana yang sama !
6.    Gas amoniak dibakar dengan oksigen membentuk gas nitrogen monoksida dan uap air. Jika gas amoniak yang di bakar volumenya adalah 15 L, tentukan
a.    Persamaan reaksi yang setara
b.    Volume gas – gas hasil reaksi
7.    Suatu gas X2 bereaksi sempurna dengan gas Y2 membentuk gas X2Y3, volume gas yang terbentuk adalah 2 liter, tentukan volume gas X2 dan  Y2 
8.    Gas etana ( C2H6) dan gas oksigen bereaksi membentuk gas karbon dioksida dan uap air, jika digunakan 20 liter gas C2H6 dan 30 liter gas O2, tentukan volume gas – gas setelah reaksi pada P dan T yang sama
9.    Diketahui reaksi 3H2(g)  +  N2 (g) → 2NH3(g), bila kedalam  ruang 8 liter dimasukkan 6 liter gas hidrogen dan 2 liter gas nitrogen, tentukan berapakah volume gas NH3 maksimum yang dapat dihasilkan dalam ruang tersebut, bila seluruh gas H2 habis bereaksi !
10.  Tentukan volume uap air yang terbentuk bila 4 liter gas hidrogen bereaksi dengan 2 liter gas oksigen !
11.  Diketahui :
2NO(g)  +  O2 (g) → 2NO2 (g)
Jika dihasilkan 5 liter gas NO2, tentukan volume masing – masing pereaksi yang bereaksi pada persamaan reaksi tersebut !
12.  3,01.1023 molekul gas hidrogen bergabung dengan 3,01.1023 molekul gas klor menghasilkan sejumlah molekul gas asam klorida, tentukan jumlah molekul asam klorida yang dihasilkan dari reaksi tersebut !
13.  Pada pembakaran sempurna 5 liter (T,P yang sama gas ) CxHy diperlukan 15 liter (T,P yang sama )  gas oksigen dan dihasilkan 10 liter (T,P yang sama ) gas karbon dioksida sesuai persamaan reaksi berikut :
CxHy (g)  +  O2(g) → CO2 (g)  +  H2O(g)                   ( belum setara )
Tentukan rumus molekul CxHy tersebut !
14.  Pada penguraian sempurna 10 liter (T,P) suatu oksida nitrogen NaOb yang berupa gas di hasilkan 20 liter (T,P) gas nitrogen dioksida dan 5 liter (T,P) gas oksigen. Tentukan rumus NaOb !
15.  Perbandingan massa karbon dengan massa oksigen dalam CO2 adalah 3 : 8. Berapakah massa masing – masing unsur yang terdapat dalam 28 gram gas karbon dioksida ?                                                 ( HK Proust )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar